Penelitian

Peneltian Melestarikan Budaya

avatar.png
Kontribs Nambels Ikuti
20-10-2023
1

Pendahuluan

Think globally and and act locally merupakan sebuah kalimat yang pantas atau kalimat yang cocok didengungkan dalam kehidupan sehari-hari agar kearifan lokal yang kita miliki saat ini tetap terjaga dengan baik. Think globally and and act locally yaitu berpikir secara global dan bertindak secara lokal, kutipan ini sangat cocok untuk para generasi yang akan datang demi
menjaga kelestarian kebudayaan yang dimilikinya, maksudnya yaitu semakin berkembangnya zaman pada saat ini peserta didik harus bisa membuka pikirannya untuk mengenal dan mengikuti perkembangan zaman yang ada, akan tetapi mereka juga harus bisa bertindak menurut budaya yang mereka miliki (Murdi, 2017). Zaman boleh berkembang namun tindakan kita dalam melestarikan kebudayaan yang kita miliki juga harus ikut berkembang, jangan sampai perkembangan zaman tersebut membawa pengaruh buruk dalam pelestarian kebudayaan. Ketika kita bisa berpikir secara global, tentunya kita akan menjadi lebih terbuka untuk melihat dunia luar dan itu akan memperluas wawasan kita. Sehingga kita tetap bisa mengetahui perkembangan seperti apa saja yang terjadi dan apa dampak dari perkembangan tersebut. Namun, sebagai warga masyarakat yang baik, kita dituntut agar bisa menyaring hal-hal yang kita dapatkan dari dunia luar. Kita harus bisa membedakan mana yang baik dan mana yang tidak. Sehingga kita dapat menerapkan hal-hal baik tersebut tanpa harus terkena dampak negatif dari dunia luar. Hal ini penting sekali untuk diperhatikan apalagi diera globalisasi saat ini.

Identitas bangsa dewasa ini telah mulai kabur, dan terkikis oleh perkembangan zaman. Semakin berkembangnya zaman semakin banyak perubahan yang terjadi saat ini entah itu karena perubahan pemaknaan, datangnya budaya-budaya baru dan berubahnya cara pandang masyarakat terhadap suatu budaya. Terlebih lagi jika terjadi pada anak-anak remaja  kelestarian suatu budaya akan terancam, tidak adanya rasa cinta terhadap kebudayaan yang dimilikinya (Widodo, Anar, Nursaptini, Sutisna, & Erfan, 2020). Budaya lokal seakan-akan dilupakan hanya karena budaya baru yang sekarang ini jauh lebih dikenal oleh para generasi bangsa, seakan-akan kebudayaan lokal sudah tereliminasi dikandangnya sendiri dan budaya asinglah yang menjadi juara unggulnya. Namun, hal itu tidak bisa kita biarkan begitu saja. Para generasi bangsa harus bisa bertindak tegas agar budaya lokal yang kita miliki agar tidak terlupakan begitu saja. Budaya lokal merupakan warisan leluhur yang harus dilestarikan (Widodo, 2020). Tujuannya adalah agar para generasi-generasi selanjutnya mengetahui kebudayaan lokal yang kita miliki selama ini sangatlah beragam dan sangatlah menarik.


Memperkenalkan kembali kebudayaan lokal yang kita miliki dapat melalui dunia pendidikan khususnya untuk siswa-siswa yang baru menempati usia sekolah dasar. Siswa-siswa pada tingkat sekolah dasar merupakan sasaran terbaik yang bisa dilakukan oleh masyarakat tentunya oleh para pendidik juga, hal ini dilakukan untuk dapat melestarikan atau untuk memperkenalkan kembali kebudayaan lokal yang ada di daerah kita, agar para peserta didik dapat mengetahui kebudayaan lokal yang ada di daerahnya. Di dalam dunia pendidikan para pendidik atau para guru bisa memperkenalkan kebudayaan
lokal ini melalui kegiatan ekstrakulikuler wajib yang harus diikuti oleh para peserta didik, dengan kegiatan ekstrakulikuler  tersebut guru berharap siswasiswanya dapat mengenal berbagai bentuk kebudayaan yang mereka miliki, selain itu sekolah juga dapat menunjukan kepada masyakat sekitar bahwa sekolah juga terlibat atau ikut serta dalam melestarikan budaya lokal yang dimiliki oleh suatu daerah tersebut, dengan cara mengaitkan kegiatan ekstrakulikuler dengan kebudayaan lokal ini, dalam hal ini guru mempunyai harapan besar kepada para siswanya agar mereka dapat memahami tentang kebudayaan yang mereka miliki dan tetap melestarikan kebudayaan tersebut, selain itu guru juga berharap siswanya dapat memperkuat atau memperluas pengetahuannya tentang kebudayaan lokal.

1

Postingan Terkait / Lainnya

Data Post Belum Tersedia

Maaf!!! Saat ini belum ada data post terkait yang bisa ditampilkan

Respon (Komentar)